Nurdin mana yang akan menang, Pilgub Sulsel 2018?

NUDRIN-HALID-VS-NURDIN-ABDULLAH-324x160
.
Ulasan ini, sebenarnya adalah kelanjutan dari tulisan saya beberapa bulan lalu, yakni ‘Duel Dua Nurdin’https://rahmadarsyad.com/2018/04/04/duel-dua-nurdin-dipilkada-sulsel-siapa-menang/

Kini hasil sejumlah survei pada pekan terakhir sebelum Pemilihan Gubernur Sulsel 2018, sepertinya mengarah pada prediksi tersebut. Dimana sejumlah lembaga survei nasional dan lokal menjagokan Dua Nurdin’ sebagai dua kandidat yang bersaing ketat di Pilgub Sulsel 2018.
.
Lantas Nurdin mana  yang akan menang ? Kembali pertanyaan itu mengemuka, maka jawabannya hanya Allah SWT yang mengetahui pasti karena sebagai manusia kita hanya bisa menjangkau dengan nalar dan metodologi pengetahuan yang sedikit. Melalui pengetahuan yang sedikit itu dengan membaca hasil survei, pola dan kecenderungan perilaku pemilh maka saya pribadi kemudian sampai pada kesimpulan bahwa Pilgub Sulsel adalah pertarungan antara mesin partai yang baik dan aktor politik yang kuat.
.
Nurdin Halid punya kekuatan struktur partai yang solid, mesin partai Golkar harus diakui bergerak maksimal memenangkan NH- Azis. Sementara pada penerimaan akan figur sosok yang disukai dan memiliki dimensi idealitas pribadi bagi pemilih, Prof. Nurdin Abdullah adalah orangnya.
.
Dua alasan inilah yang sebenarnya sedang saling bersaing dalam top of mind elektoral Sulawesi Selatan. Antara memilih gubernur yang punya jejaring politik yang berakar kuat atau memilih figur yang dipandang ideal. Saya sendiri jika ditanyakan, masih meyakini dimensi idealitas figur menjadi lebih utama dibandingkan struktur partai dan jejaring politik. Artinya, pada akhirnya pemilih Sulsel yang saya percaya cukup rasional dalam melihat figur, akan memilih pasangan Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur dan wakil gubernur Sulsel.
.
Setidaknya, ada tiga alasan mengapa saya meyakini pasangan Prof Andalan akan memenangkan pertarungan.
.
Pertama, tingkat kesukaan dan idealitas figur gubernur Sulsel ada pada diri Nurdin Abdullah sulit terbantahkan. Punya pengalaman sebagai seorang bupati dengan ‘frame bupati berhasil’ dua periode, akademisi, sekaligus sosok yang dipandang punya hubungan kekerabatan politik yang merepresentasikan dua kekuatan polarisasi Sulsel, Bugis-Makassar.
.
Kedua, sosok Nurdin Abdullah- Sudirman Sulaiman masih dipandang merupakan figur yang cenderung masih bersih. Sedikit sekali pemberitaan buruk akan kedua pasangan ini menyangkut kasus korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan. Sebuah modal politik yang sangat mendongkrak kesukaan pemilih yang cenderung senang akan figur pemimpin yang bebas dari kasus korupsi.
.
Ketiga, persoalan sirkulasi elit di Sulawesi Selatan yang cenderung berlangsung cepat. Patut diakui politik Sulsel sangat dinamis, dimana periodisasi kekuasaan elit politik sangat sulit bertahan lebih dari dua periode. Karena, pemilih Sulsel cenderung senantiasa menanti figur baru yang segar dan Sulsel senantiasa subur menghadirkan aktor baru dalam setiap periodisasi politik, baik dalam kontestasi politik  lokal maupun nasional.

Justru karena alasan ketiga inilah, jejaring politik Sulsel senantiasa kaya akan figur baru baik dalam kontestasi politik lokal maupun nasional. Maka tidak heran setiap periodisasi kekuasaan nasional baik pada eksekutif maupun legislatif pasti menyediakan tempat bagi aktor politik asal tanah Sulawesi Selatan.
.
Namun pada akhirnya, sekali lagi ini hanya sebuah pandangan dari ilmu yang sedikit, karena  siapa Gubernur Sulsel sudah tertulis dengan rapi pada  Lauful Mahfudz.
Salamaki…

Dr.Rahmad M.Arsyad
Direktur IDEC

Iklan

Satu tanggapan untuk “Nurdin mana yang akan menang, Pilgub Sulsel 2018?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s